Desain Lahan Kosong di Belakang Rumah, Perumahan Anggrek Sari Emerald - Batam

Bu Diah si Pemilik rumah mengirimkan sket denah kasar ukuran asli rumah eksisting. Lahan kosong di belakang rumah berukuran 3,5 x 7,5 meter. Pemilik ingin membuat kamar tidur utama yang lebih luas dengan tambahan 2 kamar tidur lagi di lantai 2.
Sket Denah Eksisting dengan Ukuran
Fasade Rumah Eksiting
Berhubung ini adalah perumahan cluster, maka untuk desain fasad tidak boleh berubah banyak dari desain standar/asli dari developer. Untuk Redesain Fasade rumah ini akan saya bahas di postingan selanjutnya.

Desain Layout Denah Lantai 1


Desain Layout Denah Lantai 2
Hasil desain denah yang saya ajukan adalah posisi kamar tidur utama berada di bagian belakang dengan toilet di dalam dan sedikit taman untuk pencahayaan dan penghawaan alami. Dapur menjadi lebih luas, dan langsung berdampingan dengan taman mini di samping belakang. Tempat yang dulunya adalah kamar mandi, saya desain menjadi garasi mungil tempat sepeda motor dan sepeda anak-anak. Bisa juga difungsikan sebagai gudang.
Pencahayaan dan penghawaan alami, adalah salah satu unsur yang saya terapkan pada semua area ruangan di rumah ini. dapat dilihat juga pada lantai 2 yaitu 2 kamar tidur dan area servis cuci jemur.
Dan memang hasilnya pemilik rumah puas, karena dengan pencahayaan dan penghawaan alami, rumahnya lebih segar dan lebih menghemat listrik.. :)

Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar 3D view di bawah ini







No comments:

Post a Comment